Cara Backup WordPress ke Google Drive

Backup merupakan salah satu tindakan paling penting yang harus dilakukan oleh pemilik website WordPress. Hal ini dikarenakan website dapat mengalami kerusakan atau kehilangan data kapan saja tanpa peringatan.

Dengan melakukan backup secara berkala, pemilik website dapat mengamankan data dan informasi yang penting. Backup dapat dilakukan dengan mudah menggunakan plugin yang tersedia di WordPress seperti UpdraftPlus, BackWPup, atau Jetpack.

Terdapat beberapa alasan mengapa backup sangat penting. Pertama, backup dapat membantu pemilik website untuk mengembalikan website ke kondisi sebelumnya jika terjadi kehilangan data atau kerusakan.

Kedua, backup juga dapat membantu mengatasi masalah keamanan dengan memulihkan website ke versi yang lebih aman. Ketiga, backup juga dapat membantu pemilik website untuk mengalihkan website ke server yang berbeda dengan mudah.

Tidak ada waktu yang tepat untuk melakukan backup, namun disarankan untuk melakukannya secara berkala setiap minggu atau bahkan setiap hari jika website sering mengalami perubahan. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemilik website WordPress untuk melakukan backup secara rutin guna menjaga keamanan dan kestabilan website.

UpdraftPlus adalah salah satu plugin backup terpopuler yang tersedia di platform WordPress. Plugin ini dapat membantu pemilik website WordPress untuk melakukan backup dan pemulihan data dengan mudah.

UpdraftPlus menyediakan opsi backup secara otomatis atau manual, dan dapat menyimpan file backup ke berbagai layanan penyimpanan cloud seperti Dropbox, Google Drive, Amazon S3, dan banyak lagi.

UpdraftPlus menyediakan antarmuka pengguna yang mudah digunakan dan intuitif, sehingga pengguna dapat melakukan backup dan pemulihan data dengan cepat dan mudah. Selain itu, plugin ini juga menyediakan fitur tambahan seperti pengaturan jadwal backup, pemulihan satu-klik, dan pengaturan backup selektif untuk memilih data atau file tertentu yang ingin dibackup.

UpdraftPlus juga mendukung plugin add-on untuk memperluas fungsionalitas backup dan pemulihan data, seperti migrasi situs, dukungan multisite, dan dukungan untuk backup database WordPress. Dengan fitur-fitur yang disediakan oleh UpdraftPlus, pemilik website WordPress dapat dengan mudah menjaga keamanan dan integritas data website mereka.

Cara Backup WordPress ke Google Drive

Masuk ke halaman situs WordPress kamu, kemudian ketuk menu Plugin > Tambah Baru.

Cara Backup WordPress ke Google Drive 1

Masukkan kata kunci “updraftplus” pada kolom pencarian. Lalu klik Instal sekarang pada hasil pencarian plugin UpdraftPlus.

Cara Backup WordPress ke Google Drive 2

Aktifkan plugin UpdraftPlus. Kemudian klik menu Pengaturan pada halaman plugin UpdraftPlus.

Cara Backup WordPress ke Google Drive 3

Klik tab Pengaturan > Google Drive. Lalu silahkan login menggunakan Akun Google yang ingin kalian gunakan untuk menyimpan backup situs WordPress kalian.

Cara Backup WordPress ke Google Drive 4

Setelah berhasil login ke Akun Google, klik tab Cadangkan/Kembalikan. Kemudian klik tombol Cadangkan Sekarang.

Cara Backup WordPress ke Google Drive 5

Selanjutnya proses backup akan segera dilakukan. Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk backup tergantung dari besarrnya website kalian.

Semakin besar dan banyak artikel, biasanya akan semakin lama pula waktu yang dibutuhkan. Dan pastikan Akun Google Drive kalian memiliki sisa penyimpanan yang dibutuhkan untuk backup.

Tinggalkan komentar